Follow Us
Top
 

PAVILIUN INDONESIA

Home of Diversity, A Feeling of Tomorrow

Paviliun Indonesia didesain secara futuristik dan dipadukan dengan berbagai motif traditional. Diharapkan paviliun ini akan menjadi wajah Indonesia masa depan yang berfondasikan berbagai inovasi, beyond technology dan tetap selaras dengan berbagai kearifan lokal.

Paviliun Indonesia terletak di jalur utama di zona “Opportunity” yang strategis dengan luas lahan 1.860 m2. Paviliun bertema “Transforming Future Civilization Through Innovations and Diversity” ini akan terdiri dari 3 lantai. Setiap lantai akan memiliki cerita yang berbeda-beda tapi saling terkait. Semua cerita yang ada di tiap lantai akan ditampilkan secara Entertainment, Interaktif dan Futuristik.

Lantai 1 yang bertema “To Build World ANew…” akan memberikan gambaran tentang Indonesia dalam kemasan “Connecting Yesterday – Today & Tomorrow” dengan menampilkan sejarah Indonesia (15%), Indonesia hari ini (25%) dan Indonesia Masa Depan (60%).

Lantai 2 akan menampilkan berbagai inovasi dan Konsep Indonesia Emas 2045. Tema di lantai ini adalah “Celebrating you, me together we transform the future”. Selain menampilkan instalasi yang canggih, lantai ini juga memiliki studio bioskop layar lebar berkualitas tinggi (high quality cinema) sebagai tempat pemutaran video dari perusahaan, kementerian dan pemerintah daerah, juga sebagai sarana presentasi untuk menarik investasi.

Lantai 3, pengunjung akan disajikan suasana “Night Market” yang kental dengan berbagai keragaman budaya, keramahan dan kehangatan khas masyarakat indonesia. Pasar kaget yang telah menjadi ciri khas msyarakat Indonesia, makanan tradisional, serta kuliner Indonesia kontemporar

A I M S

Melalui Expo 2020 Dubai, Paviliun Indonesia diharapkan membantu mempromosikan bisnis, investasi, pariwisata dan kerja sama lain di berbagai sektor, antara lain perdagangan, industri, pendidikan, perkebunan, teknologi, telekomunikasi, lingkungan, dan kebudayaan.

Di Paviliun Indonesia, juga akan menampilkan beragam produk berkualitas, produk pariwisata, dan peluang investasi. Semuanya dikemas melalui konten informasi yang memanfaatkan teknologi secara menarik dan futuristik.

Dengan tampilan tersebut, Paviliun Indonesia diharapkan dapat menarik banyak pengunjung, dan juga oleh investor, pembeli, dan wisatawan

ARCHITECTURE

Paviliun Indonesia yang merupakan bangunan tiga lantai ini, terletak di lokasi strategis karena berada di jalur utama dan tepat di tema/zone peluang (opportunity zone). Peletakan batu pertama bangunan ini, telah dilakukan pada 9 September 2019 oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Republik Indonesia, Triawan Munaf.

Ground Floor :

Para pengunjung akan disambut pada area selamat datang, dengan alunan beragam gamelan dan aneka tarian nusantara.

1st Floor : Introduction Floor dan Exhibition Area

Introduction Floor : Area pertama ini akan memberikan gambaran Indonesia pada pandangan pertama. Dengan suasana dan interior yang menarik, memunculkan rasa ingin tahu pengunjung untuk menjelajahi lebih lanjut tentang Indonesia di dalam pavilion Semua pengunjung akan mulai merasakan atmosfir “the Spirit of Indonesia” yang modern dengan menggunakan teknologi multimedia, pencahayaan, dan instalasi yang canggih.

Lantai 1, Exhibition Area : Area kedua ini akan menggambarkan kekuatan dan keunggulan sumber daya manusia Indonesia mendatang. Dengan “The Power of People”, area ini akan menunjukkan bagaimana masyarakat Indonesia membuat masa depan mereka sendiri dengan inovasi dan kearifan lokal mereka yang unik. Pesan ini akan disampaikan kepada pengunjung melalui multimedia interaktif dan medium unik lainnya

2nd Floor: Indonesia 2045, Road To Dubai, Entertainment Area, Theater

Memasuki lantai dua ini, pengunjung akan mendapatkan gambaran tentang “Masa depan Indonesia”. Area ini akan menunjukkan bagaimana Indonesia mempercepat kemajuannya untuk menjadi salah satu negara terbesar di dunia. Aneka peluang bisnis dalam banyak aspek (ekonomi baru, infrastruktur, manufaktur, pendidikan, pariwisata) juga akan ditawarkan pada area ini. Gambaran Indonesia mendatang, atmosfirnya semakin kuat dengan aneka paduan multimedia interaktif, dukungan pencahayaan, instalasi seni dan efek suara.

Main Show, Theater : Lantai ini juga akan dilengkapi dengan sebuah teater modern yang dirancang dengan kualitas tinggi dengan memanfaatkan teknologi  “XXIQuality” untuk layar dan sound system. Pengunjung akan mendapatkan beragam tayangan sesuai minat dan keperluannya. Dengan kapasitas 250 kursi, teater ini dapat digunakan oleh kalangan bisnis untuk mendapatkan informasi dan peluang usaha. Kementerian dan Lembaga, serta Pemerintah Daerah juga dapat menggunakan teater ini untuk menampilkan budaya, daya tarik investasi dan keunikan lembaganya agar semakin dikenal dunia.

Ground Floor : Pasar Malam – Night Market, and Restourant

Pasar Malam : Setelah berkeliling Paviliun Indonesia, pengunjung dapat rehat sejenak untuk menikmati suasana pasar malam tradisional di Indonesia dalam skala kecil. Walaupun nun jauh di sana, namun atmosfer, suasana hati dan lingkungannya dikemas mirip dengan di Indonesia. Harmoni ini akan diperkuat dengan suasana actual orang-orangnya yang mencerminkan keramahan dan kerendahan hati. Pengunjung juga dapat menemukan warung, toko suvenir, dan panggung kecil untuk menikmati tarian dan mendengarkan alat music tradisional.

Restoran : Memperkenalkan budaya Indonesia tentu saja tidak dapat dilepaskan dari kuliner sebagai salah satu unsur kebudayaan Indonesia. Bagi pengunjung yang rindu dan ingin mencicipi kuliner nusantara dapat mampir di restoran yang nyaman, hangat dan penuh “Cita Rasa Indonesia” yang dikemas dalam desain yang futuristik. Restoran ini mampu menampung hingga 100 bangku bagi pengunjung. Selain hidangan tradisional yang telah menjadi bagian budaya Indonesia secara turun-temurun, akan hadir pula sejumlah inovasi kuliner yang telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini.