Follow Us
Top

Blog

Konsep Indonesia Emas 2045 Diusung di Dubai Expo 2020

Presiden Joko Widododidampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla mimpin rapat kabinet terbatas persiapan Dubai Expo 2020

DIREKTUR Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Dody Edward menegaskan bahwa Paviliun Indonesia yang akan menjadi pusat pameran branding dalam Dubai Expo 2020 nantinya akan menampilkan konsep Indonesia emas 2045.


“Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa Paviliun Indonesia harus menampilkan Indonesia di masa mendatang seperti apa. Kemajuan teknologi tanpa meninggalkan kekayaan dari kearifan lokal. Gambarannya mudahnya seperti acara pembukaan Asian Games 2018,” ujar Dody kepada Media Indonesia di Dubai Uni Emirat Arab, Sabtu (7/9).


Menurut Dody, konsep Indonesia emas yang akan ditampilkan yakni bagaimana bonus demografi Indonesia akan mencapai puncaknya. Kemudian proyeksi bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar keempat, serta perkembangan teknologi yang menopang industri kreatif.


Dody menjelaskan bahwa dalam Dubai Expo 2020, Indonesia akan masuk dalam Zona (tema) Opportunity. Paviliun Indonesia akan menyajikan 173 Program yang meliputi, budaya, bisnis, investasi dan pariwisata. “Ini akan menjadi ajang untuk membranding Indonesia di mata dunia,” ujarnya.
Gelaran Dubai Expo 2020 akan berlangsung selama enam bulan mulai 20 Oktober 2020 hingga 21 April 2021. Akan diikuti oleh 190 negara dan diprediksi akan menarik 25 juta pengunjung dari seluruh dunia.


“Kita berharap banyak transaksi dan efek domino tentu akan sangat besar manfaatnya bagi produk Indonesia ke depan,” katanya.
Expo 2020 Dubai juga bakal menggelar forum bisnis antar pengusaha dari masing-masing negara. Pada forum tersebut, Indonesia akan mengambil kesempatan untuk memperbesar porsi ekspor komoditas sumber daya alam ke sejumlah negara mitra dagang. Dubai Expo 2020 merupakan World Expo ke-34, yang pertama kali diadakan pada 1851 di Inggris. Kali ini Dubai menyediakan lahan seluas 438 hektare di kawasan strategis yang sangat potensial mendatangkan pengunjung.


“World expo semacam ini merupakan even terbesar ketiga di dunia setelah piala dunia dan olimpiade,” pungkas Dody.

Share